Rawa Panjang, Desa Pertama Manfaatkan BLM Termin Dua

Written By Informasi Desa Rawa Panjang on Kamis, 16 Oktober 2014 | 20.56

Bertempat di rumah Ir.H.Fahmi Bamaprap RT 009/RW 10 Desa Rawa Panjang, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sebanyak 7 KSM Inspratruktur BKM Bersemi menerima kucuran BLM. Acar a yang berlangsung pada Jumat tanggal 18 Desember 2009 itu dihadiri oleh Camat, PJOK, Korkot, Tim Faskel 11, Kepala Desa, Ketua RW/RT, BPD, Kadus, MUI, serta tokoh masyarakat lainnya, tercatat di absensi 75 orang hadir pada acara ini.
Menurut Agus Cahyana Korkot Kabupaten Bogor, dari sebanyak 144 BKM se Kabupaten, pengucuran pemanfataan BLM saat ini adalah yang pertama. “Jadi BKM Bersemi adalah sebagai yang pertama diantara 144 lainnya dalam memenuhi persyaratan pencairan BLM termyn dua ini. Hal ini tidak lain hasil kerjasama yang baik dari semua komponen di desa, mudah-mudahan kedepannya bisa tetap terjalin untuk membangun desa termasuk mengangkat harkat orang miskinnya,” ujar Agus.
Dijelaskan Agus lebih lanjut, dana BLM Termyn tiga(20% terakhir dari APBN) untuk kegiatan infra juga telah siap dicairkan dandimanfaatkan, tentunya setelah 50% termyn dua (APBN+APBD)termanfaat dengan baik, seperti yang saat ini sedang dilakukan. ”Sebagaimana diketahui dari 50% ini, 20%nya adalah berasal dari sharring Pemda. Kebijakan dan pertimbangan Pemda Bogor 20% dana sharringnya dialokasikan untuk kegiatan ekonomi dan sosial(pelatihan-pelatihan),” kata Korkot, didampingi beberapa Askotnya.
Sementara itu Khairul PJOK/Kasi Pembangunan Kecamatan Bojong Gede mengatakan, dana sharring 20% dari APBD bagi 9 desa di wilayahnya telah disiap dimanfaatkan, yaitu sebesar Rp.1,6 M. “Sebagai peran aktif dan konsen Pemda terhadap Nangkis(Penanggulangan Kemiskinan)PNPM Mandiri. Program prioritas Pusat dan juga Daerah ini harus berhasil, karena itu dukungan partisipasi masyarakat juga harus dilakukan. Kedepan PJM Pronangkis dipadukan dengan program desa, dlm waktu dekat seluruh Kepal a Desa akan disosialisasikan tentang peran dan tanggungjawabnya terhadap program ini,” Khairul, PJOK Kecamatan Bojong Gede.
Kepala Desa Rawa Panjang Asmat H Naming, SPd pada sambutannya mengatakan, partisipasi dan peran masyarakat dapat dilakukan berupa swadaya dan gotong royong. “Tanpa dukungan masyarakat, program ini tidak akan berhasil. Tanggungjawab pemeliharaan terhadap infrastruktur yang telah kita bangun bersama, harus dilakukan. Kita jangan hanya bergantung kepada Pihak Pemerintah, pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PNPM adalah agar kita bisa mandiri. Saya harapkan semoga kita sepakat bahwa semua ini semata-mata sebagai ibadah!” tegas Asmat.

Informasi yang diperoleh dari Sodikin Koordinator dan Suhendra UPL BKM Bersemi Desa Rawa Panjang, pada BLM Termyn 2 saat ini dikucurkan kepada 7 KSM Infra, yaitu KSM Tulip, Nusa Indah, Dahlia, Kesturi, Lembayung, Bugenvile, serta KSM Seroja. “Saat ini yang dicairkan sebanyak Rp 175 juta(APBN +APBD), sedangkan pada BLM Termyn satu yang lalu sebesar Rp.105 juta, adapun untuk termyn tiga yang akan datang sebanyak Rp 70 Juta. Untuk diketahui bahwa RWT sudah dilakukan pada tanggal 13 Desember 2009 yang lalu, dan menghadirkan lebih dari 300 orang,” ujar Suhendra diamini Sodikin.

0 komentar:

Posting Komentar