CAMAT: Terbaik Se Kabupaten Bogor

Written By Informasi Desa Rawa Panjang on Kamis, 16 Oktober 2014 | 21.00

Desa Rawa Panjang ternyata juga termasuk sebagai 12 desa terbaik sesuai hasil penilaian dan penetapan oleh Bupati Bogor, dalam pelaksanaan Program Imbal Swadaya Tahun 2009. “Saya ucapkan selamat, semoga bisa diikuti terbaik lainya pada program-program selanjutnya. Atas kerja keras semua lapisan masyarakat selama ini, kami ucapkan terima kasih,” kata Drs.Bambang Widodo Tawakal, Camat Bojong Gede, diaplus seluruh undangan.
Menurut Bambang, setiap tahun seluruh 428 Desa se Kabupaten Bogor mendapatkan Program Imbal Swadaya, senilai Rp 40 juta/desa untuk infrastruktur. “ Reward yang diberikan untuk memacu kinerja terbaik, jadi jangan saja hanya punishesment yang ditekankan. Sudah terpikir oleh kami, kedepannya reward juga akan diberikan kepada BKM. Persaingan sehat, study banding dan kebersamaan antar BKM sebaiknya dilakukan, demi kemajuan kita. Terakhir, mudah-mudahan segala sesuatu yang dibangun oleh Pemerintah bersama-sama masyarakat, bisa terpelihara dngan baik, demi kelangsungan pembangunan wilayah kita,” ujar Banbang, dilanjutkan dengan penyerahan dana termyn 2, untuk pemanfaatan infrastruktur, dan dilajutkan dengan makan siang bersama.
Pada bagian lain dijelaskan Roma Sugiarti Faskel CD Tim 11, Desa Rawa Panjang adalah wilayah terbesar dari 9 desa dampingan lainnya, desa ini memiliki 21 RW dan 117 RT, dengan kepadatan penduduknya 25 ribu orang lebih. “Dampingan yang terlalu luas ini menyebabkan diperlukannya energy lebih, serta koordinasi yang intensip diantara kawan-kawan Faskel dengan masyarakat. Namun yang menggembirakan kami adalah kebersamaan, swadaya dan antusias mereka sangat tinggi dalam mendukung PNPM, sehingga saat ini berhasil sebagai yang pertama dalam pencairan dan pemanfatan BLM Termyn dua,” kata Roma, didampingi dua Faskel lainnya, Rio dan Hendra.
Seperti contoh yang terjadi di RW 16, tambah Roma, sejak lama warganya melakukan iuran uang bulanan untuk pembangunan lingkungan. “Sehingga janganlah heran bila swadaya pada PNPM bisa mencapai lebih dari 100 prosen, demikian pula dengan keberhasilan membangun kegotongroyongannya, patut dibanggakan,” tegas Roma S, ex Faskel Jawa Timur yang sudah berkiprah di P2KP selama 4 tahun. (heroe.k/PNPM Mandiri Perkotaan

0 komentar:

Posting Komentar